Membuat Efek Transparent pada Corel Draw

Disini saya akan mencoba menjelaskan tentang langkah-langkah membuat tulisan pada corel draw menjadi lebih menarik yakni dengan memberikan efek transparent pada teks tersebut sehingga nantinya tulisan tersebut akan tampak mengkilat (glossy) dan tampil menarik. Versi yang saya gunakan disini adalah Corel Draw X5.

Pertama-tama yang harus kita lakukan setelah membuat file baru/file new (Ctrl+N) pada Corel draw, kita buat teks yang akan kita edit nantinya, yakni dengan menggunakan teks tool (tombol shortcut F8). Maka tampilannya akan tampak seperti ini:

Aturlah ukuran dan jenis font yang kita inginkan, dalam hal ini saya menggunakan jenis font aucoint light. Setelah itu, langkah berikutnya ialah memberikan warna pada tulisan tadi, dengan cara memblok seluruh bagian teks tersebut dan gunakan fill tool kemudian pilih fountain fill.

Pada jendela fountain fill seperti gambar dibawah ini, kita akan buat gradasi warna pada teks, disini saya menggunakan type linear dengan angle 90, color blend-nya adalah two color dengan warna yang saya gunakan disini adalah blue dan sky blue. Untuk pemilihan warna sebaiknya gunakan dari warna gelap ke terang

Setelah selesai dengan fountain fill tadi, maka hasilnya akan tampak sebagai berikut:

Setelah itu kita akan membuat intersection dari tulisan tersebut dengan objek yang dapat disesuaikan dengan keinginan kita, dalam hal ini saya menggunakan rectangle/persegi panjang yang dibuat diatas teks tadi. Kemudian pilih menu bar arrange kemudian pilih shaping kemudian klik shaping, maka akan tampak seperti pada gambar dibawah ini:

Selelah itu akan muncul tab shaping pada bagian kanan samping. Hal yang perlu kita ketahui disini adalah pada proses intersecting, hanya dapat dilakukan kepada sebuah kesatuan objek saja, oleh karena itu, kita blok tulisan kita tadi kemudian klik kanan pada mouse, pilih convert to artistic text.

Pada tanda panah ke bawah pilih pilihan intersect, kemudian pastikan persegi panjang yang tadi kita buat memotong pada teks terpilih sebagai objek, kemudian check pilihan source object dan target object, kemudian klik button intersect with, selanjutnya arahkan kursor pada bagian teks. Setelah di-intersect tadi akan menghasilkan gambar berupa tulisan dengan warna yang sama, buang bagian persegi panjang tadi karena kita tidak membutuhkannya kembali. Pilih teks yang tadi hasil intersect dan ubah warnanya menjadi putih, maka akan tampak sebagai berikut:

Langkah selanjutnya adalah membuat efek transparency-nya yaitu dengan menggunakan blend tool, klik transparency yaitu tool dengan gambar gelas, seperti gambari ini:

Setelah itu drag kursor pada teks dari atas ke bawah, kemudian aturlah level dari ketebalan transparansi sesuai yang kita inginkan dengan menggeserkan garis hitam.

Aturlah warna back ground dengan cara pilih menu bar layout, kemudian klik page background, seperti gambar dibawah ini:

Kemudian akan muncul jendela options, pada bagian document dan background, kita dapat menentukan warna yang cocok untuk tulisan yang kita buat tadi, disini saya gunakan warna solid magenta.

Setelah selesai klik ok dan akan tampil seperti dibawah ini dengan cara membuat copy dari teks tadi, kemudian dirotate mirror vertically dan diatur kembali tingkat transparency-nya.

Kiranya cukup sekian materi yang saya dapat berikan dalam penulisan blog saya kali ini, apa bila ada kekurangan mohon dimaafkan, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

Terima kasih J:

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: