MEMASUKKAN GAMBAR PADA TULISAN MENGGUNAKAN COREL DRAW

Pendahuluan

Dalam proses pembuatan suatu iklan poster maupun spanduk pastinya kita semua menginginkan agar karya kita itu menjadi yang paling baik. Dilihat dari cara pembuatan poster itu sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan software Corel draw. Sebuah poster iklan ataupun spanduk yang baik tentunya harus menarik dan berbeda daripada yang lainnya.

Dengan menggunakan karakteristik dan fungsi dari Corel draw ini kita dapat mengakali suatu tulisan agar menjadi lebih menarik, dengan membuat warna dari tulisan tersebut seolah-olah berasal dari sebuah gambar.

Tulisan kali ini akan dibahas tentang cara-cara pembuatan tulisan dengan menggantikan warna pada tulisan tersebut dengan menggunakan gambar. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan serta pengalaman pembaca mengenai Corel draw.

Telaah Pustaka

Hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan pola gambar pada Corel draw ini adalah:

  1. Perangkat lunak corel draw yang telah terinstall pada perangkat computer
  2. Gambar yang akan dijadikan pengganti warna pada tulisan

Pembahasan

Pada bagian ini saya ingin menunjukkan anda cara untuk memasukkan sebuah gambar ke dalam tulisan dengan menggunakan corel draw. Dalam pembahasan ini juga akan mempermudah kita untuk lebih memahami dan menguasai cara-cara pemakaian dari efek dasar Corel draw yakni power clip.

Langkah pertama yang kita lakukan dalam hal ini adalah mengimport gambar yang akan kita buat pola ke dalam Corel draw, dengan cara:

1) buat dokumen baru berupa blank.

 

2) pada lembar kerja klik kanan lalu pilih import atau dengan menekan shortcut ctrl+I.

3) pilih file gambar yang akan dimasukkan (import) ke Corel draw.

4) klik Import.

5) setelah itu drag kursor dan drop gambar yang akan diimport ke corel tadi pada bagian di lembar kerja Corel sesuai yang kita inginkan.

 

Setelah selesai memasukkan gambar tadi, langkah berikutnya ialah membuat tulisan yang kita inginkan. Disini dengan menggunakan text tool saya membuat tulisan Let’s Go Green =) dengan mengatur ketebalan, ukuran dan lokasi dimana warna tulisan pada gambar yang diinginkan akan diambil. Gambarnya dapat kita lihat sebagai berikut:

 

Setelah itu langkah berikutnya ialah menggunakan efek dari power clip, pertama kita arahkan kursor pada gambar lalu klik, hal ini penting dilakukan sebelum anda menggunakan effect power clip.  Kemudian cara menggunakan efek power clip, pada menu bar pilih effects, selanjutnya power clip, lalu pilih place inside container.

 

Setelah perintah power clip, place inside container dijalankan, maka pointer atau kursor akan berubah menjadi lebih besar dan berwarna hitam. Arahkan kursor tersebut pada tulisan kita, maka hasilnya akan langsung terlihat seperti ini:

 

Maka dengan adanya efek ini kita dapat membuat karya yang hendak kita buat akan terlihat lebih menarik lagi dengan mengkreasikan tulisan dan skill Corel draw kita. Sekian tulisan dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih :)

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: