MEMISAHKAN OBJEK GAMBAR DARI BACKGROUNDNYA MENGGUNAKAN COREL DRAW

Pendahuluan

Di zaman yang modern ini dunia desain grafis memang berkembang sangat pesat, bahkan hampir semua kalangan pasti pernah tertarik untuk mempelajari cara-cara mendesain sebuah gambar melalui perangkat computer dengan menggunakan perangkat lunak pengolah gambar yang banyak disediakan oleh berbagai pengembang software.

Salah satu perangkat lunak untuk mengolah gambar ini adalah Corel draw. Dengan menggunakan Corel draw, banyak hal yang dapat kita buat, misalnya poster, desain pakaian, logo perusahaan, membuat efek gambar ataupun tulisan dsb.

Perangkat lunak ini memiliki banyak sekali fungsi untuk menghasilkan suatu karya yang baik dari kemampuannya mengolah gambar. Salah satunya yang akan dibahas pada tulisan kali ini adalah cara untuk memisahkan suatu objek dalam gambar dari background-nya. Banyak diantara kita yang bertanya-tanya bagaimana caranya, dan seperti apa prosesnya. Maka pada tulisan kali ini diharapkan akan menambah wawasan serta pengalaman pembaca akan pokok bahasan ini.

Telaah Pustaka

Hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan pola gambar pada Corel draw ini adalah:

  1. Perangkat lunak corel draw yang telah terinstall pada perangkat computer
  2. Gambar yang terdiri dari objek dan background

Pembahasan

Pada bagian ini saya ingin menunjukkan anda cara untuk memisahkan suatu objek dalam gambar dari background-nya dengan menggunakan corel draw. Dalam pembahasan ini juga akan mempermudah kita untuk lebih memahami dan menguasai cara-cara pemakaian dari peralatan dasar Corel draw yakni pen tool dan shape tool, serta pemakaian efek intersection.

Langkah pertama yang kita lakukan dalam hal ini adalah mengimport gambar yang akan kita buat pola ke dalam Corel draw, dengan cara:

1) buat dokumen baru berupa blank.

2) pada lembar kerja klik kanan lalu pilih import atau dengan menekan shortcut ctrl+I.

3) pilih file gambar yang akan dimasukkan (import) ke Corel draw.

4) klik Import.

5) setelah itu drag kursor dan drop gambar yang akan diimport ke corel tadi pada bagian di lembar kerja Corel sesuai yang kita inginkan.

Setelah selesai memasukkan gambar tadi, langkah berikutnya ialah pembuatan bentuk objek sesuai gambar yang ingin kita pisahkan dari backgroundnya dengan menggunakan pen tool. Klik toolbar pen tool pada deretan tool dibagian kanan Corel draw, kemudian trace gambar terseebut, dengan kata lain pen tool disini kita gunakan untuk membuat gambar sesuai dengan objek gambar yang nantinya akan dipisahkan dari backgroundnya, buat dari node ke node dari awal hingga akhir node saling terhubung. Pada bagian ini sangat dibutuhkan kesabaran dan ketelitian supaya hasilnya bagus. Gambarnya dapat kita lihat sebagai berikut:

 

Setelah selesai menyambungkan titik ke titik tentu hasilnya masih belum rapih, maka kita akan mencoba merapihkannya dengan menggunakan shape tool. Klik toolbar shape tool atau tombol shortcut-nya F10. kemudian pada garis putus-putus yang dibuat oleh pen tool tadi, klik dan klik kanan lalu pilih convert to curve.

 

Setelah di convert to curve kita ratakan garis yang telah menjadi kurva tadi dan disesuaikan dengan gambar aslinya. Lakukan hal yang sama untuk semua garis yang akan diratakan dengan pola objek gambar aslinya. Setelah semua menjadi rata dengan objek gambar aslinya, maka akan tampak seperti gambar ini:

 

Setelah itu kita akan masuk ke bagian intersection object dimana fungsi ini akan membuat line atau garis yang tadi telah dibuat oleh pen tool tadi mengiris gambar dibelakangnya dan membuat objek baru dari hasil irisan tersebut. Langkah pembuatan intersection ini pertama-tama, pilih menu bar arrange, kemudian pilih shaping dan klik shaping.

 

Maka tab baru bernama shaping. Dari list box yang ditunjukkan pada gambar dibawah pilih intersect, klik gambar kita dengan menggunakan pick tool (shortcut: space bar). Centang kedua check box untuk source object dan target object, kemudian klik button intersect with maka tampilan kursor akan berubah dan langkah terakhir adalah dengan meng-klik kembali gambar dengan syarat gambar tersebut diklik pada bagian luar dari objek yang akan kita pisahkan tadi. Tampilannya akan Nampak seperti ini:

 

Setelah berhasil membentuk intersection tadi akan berada tepat diatas objek gambar yang tadi kita buat, klik dan pindahkan objek tersebut agar terlihat, hasilnya akan tampak seperti ini:

Terakhir, kita dapat mengkreasikan objek baru itu dengan pemberian efek, background dan mirroring supaya terlihat berbeda. Terima kasih :)

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: