Membuat Logo Android pada Corel Draw X5

Pendahuluan

Dewasa ini para desainer grafis semakin dipermudah dalam pembuatan dan penciptaan suatu logo dengan berbagai kreasi menarik mereka dengan adanya Corel Draw. Banyak sekali para creator grafis mendapatkan kemudahan dari berbagai fitur yang terdapat dalam Corel Draw ini. Salahsatunya adalah dalam proses pembuatan logo suatu instansi, merk, perusahaan dan berbagaimacam institusi diselesaikan dengan menggunakan software ini.

Salahsatu manfaat dari mempelajari Corel Draw adalah kita dapat membuat sebuah logo. Banyak sekali fitur-fitur yang akan memudahkan kita apabila kita akan membuat logo dengan menggunakan Corel Draw. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada Corel ini kita dapat membuat berbagai macam bentuk dan efek dari logo yang akan kita buat.

Pada tulisan kali ini diharapkan dapat menambah wawasan dan jam terbang kita mengenai penggunaan software ini. Dalam hal ini kita akan mempelajari berbagai tool-tool dasar dalam corel draw yang dapat kita maksimalkan untuk pembuatan suatu karya sederhana dengan hasil yang kita harapkan.

Telaah Pustaka

Hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan pola gambar pada Corel draw ini adalah:

1. Perangkat lunak corel draw yang telah terinstall pada perangkat computer

2. Gambar atau logo sampel yang akan kita buat dengan menggunakan Corel draw.

Pembahasan

Pada bagian ini saya akan menjelaskan pada pembaca bagaimana cara untuk membuat sebuah logo android dengan menggunakan Corel Draw dari contoh gambar yang telah disediakan sebelumnya.

Langkah pertama yang kita lakukan dalam hal ini adalah mengimport contoh gambar dari logo yang akan kita buat dengan menggunakan Corel Draw, dengan cara:

1) buka software Corel Draw pada computer anda, kemudian buat sebuah dokumen baru berupa blank.

2) pada lembar kerja klik kanan lalu pilih import atau dengan menekan shortcut ctrl+I, maupun dengan men-drag langsung gambar yang kita ingikan ke dalam lembar kerja.

3) pilih file gambar yang akan dimasukkan (import) ke Corel draw.

4) klik Import.

5) setelah itu drag kursor dan drop gambar yang akan diimport ke corel tadi pada bagian di lembar kerja Corel dengan ukuran sesuai yang kita inginkan.

Dalam gambar yang telah saya import merupakan sebuah gambar logo dari android, namun memiliki resolusi (kerapatan gambar) yang rendah. Maka dari itu untuk dapat membuat logo dengan reoslusi gambar yang lebih besar dan mengkreasikannya menjadi logo yang lebih menarik dapat kita buat dengan menggunakan Corel Draw.

Pertama-tama yaitu membuat rangka dasar dari logo android ini, yang pertama kita lakukan ialah membuat rangka untuk badan android kita dengan menggunakan rectangle tool (shortcut F6).

Buatlah persegi yang pas dengan badan dari android ini, dengan cara klik toolbar rectangle tool tadi kemudian drag pointer pada bagian badan android hingga posisi dan ukurannya sesuai. Sehingga hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa gambar belum benar-benar serupa karena bagian bawah badan android ini berbentuk agak membulat, oleh karena itu kita dapat menyamakannya dengan menggunakan shape tool (shortcut F10).

Klik shape tool sehingga pada gambar diatas muncul garis putus-putus yang menandakan bahwa shape tool sedang aktif, kemudian klik salah satu bagian dari badan android yang tadi telah kita buat dengan menggunakan rectangle tool, sehingga muncul sebuah kotak hitam kecil pada bagian itu. Kemudian sembil menekan tombol shift, klik dan drag kursor pada bagain ujung yang lain kea rah dalam persegi tadi dan secara otomatis maka kedua bagian bawah persegi tadi akan membulat tinggal kita sesuaikan dengan badan asli dari android tersebut. Hasilnya akan tampak pada gambar dibawah ini.

Setelah selesai dengan bagian badan, selanjutnya kita akan membuat bagian tangan dan kaki dari android ini. Pada dasarnya langkah yang digunakan untuk membuat tangan android ini sama dengan proses pembuatan badannya, yakni dengan menggunakan rectangle tool. Dengan menggunakan rectangle tool buat persegi panjang sehingga menutupi seluruh bagian tangan dari android.

Kemudian dengan menggunakan prinsip yang sama untuk membuat bagian tangannya menjadi membulat digunakan dengan menggunakan shape tool, hanya saja pada bagian ini karena kedua ujung dari bagian tangan android berbentuk membulat, maka kita tidak perlu meng-klik salah satu ujung persegi tadi, dengan menggunakan shape tool tadi langsung tekan tombol shift dan tarik (drag) kearah dalam dari persegi tadi dan sesuaikan dengan tangan si android tersebut.

Setelah itu kita tinggal membuat duplikat dari tangan android tadi untuk digunakan sebagai tangan yang satunya dan kedua kakinya, kita dapat meng copy-paste nya atau kita dapat menekan tombol shortcut ctrl+D yang berfungsi untuk membuat duplikat dari objek yang kita pilih dengan menggunakan pick tool. Maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

Kemudian langkah selanjutnya ialah membuat kepala dari android, dengan menggunakan ellipse tool (shortcut F7). Sebenarnya yang akan kita butuhkan untuk membuat kepala dari android ini adalah hanya setengah bagian dari ellipse saja, sehingga kita dapat membuat garis tengah pada bagain kepala android itu dengan menggunakan ruler (penggaris) vertical. Untuk mengeluarkan bagian dari penggaris ini dapat kita tarik langsung dari ruler tersebut kemudian kita letakkan pada bagain tengah kepala android tersebut.

Setelah itu dengan menggunakan ellipse tool, tahan tombol shift kemudian buatlah ellipse sejajar dan pas dengan bentuk kepala dari android, sehingga akan tampak seperti gambar dibawah.

Kemudian untuk mempermudah kita menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dari ellipse, pertama-tama kita pindahkan ellipse pada bagian kosong dari lembar kerja, kemudian dengan menggunakan shape tool, kita klik dan drag dari mulai node dibagian tengah bawah ellipse (quadrant) hingga ke bagian ujung horizontal node (quadrant).

Setelah kita hilangkan seperempat bagain dari ellipse tadi, maka akan terbentuk seperti gambar dibawah. Selanjutnya kita terapkan hal yang sama sehingga ellipse yang tersisa tinggal setengahnya.

Setelah ellipse tadi tinggal setengah, maka langkah selanjutnyaialah menutup ellipse tadi sehingga menjadi bantuk kepala android yang diinginkan, dengan menekan toolbar pie yang merupakan bagian dari fungsi shape tool, yang terletak dibagian atas. Pada gambar akan terlihat seperti ini.

Dan hasilnya akan tampak seperti gambar ini.

Kemudian letakkan kembali ellipse tadi pada bagian kepala dari gambar android sebelumnya.


Selesai dengan bagian kepala, lita lanjutkan dengan bagian menggambar mata dan antenna dari android. Gambar mata dapat kita lakukkan dengan menggunakan ellipse tool. Gambar ellipse tool dan samakan dengan bagian mata android yang kita punya.

Setelah terbentuk sepasang mata dari android ini, kita atur warna bagian dalammnya adalah warna putih dan pada bagian luar (garis outline) kita atur no fill (tidak ada warnanya). Caranya pilih objek ellipse (mata android) yang tadi kita buat, kemudian pada color box yang terletak pada bagian kanan klik kiri warna putih, disini klik kiri untuk memberikan warna pada bagian dalam ellipse. Kemudian untuk garis outline nya kita klik kanan pada color box yaitu no fill (paling atas color box).setelah memberikan warna pada mata android, kita akan membuat bagian antenna nya yakni dengan menggunakan free hand tool (shortcut F5). Sesuaikan ketebalan, dan posisinya, kemudian duplikatkan dan gunakakan horizontal mirroring untuk antenna yang lainnya. Hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini.

Setelah selesai membuat seluruh bagian dari android yang diinginkan selanjutnya kita masuk ke dalam proses pemberian warna. Pertama pisahkan seluruh bagian android yang telah kita buat dari gambar aslinya, kemudian dengan menggunakan eyedropper tool kita ambil warna hijau pada gambar android untuk mewarnai android yang kita buat tadi, tidak lupa kita warnai juga bagian outlinenya. Dan hasilnya akan tampak pada gambar dibawah ini.

Gambar android baru yang dihasilkan dengan menggunakan corel draw ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah gambar yang dihasilkan memiliki resolusi yang besarnya dapat kita atur, bentuk gambar dapat dikreasikan sesuai dengan keinginan kita, warna android pun dapat kita rubah sesuai dengan keinginan kita.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: