Menggunakan Parallel Dimension Tool pada Corel Draw X5

Pendahuluan

Dalam proses pembuatan suatu logo maupun poster iklan dengan menggunakan Corel Draw pastinya kita ingin bentuk yang kita hasilkan pas ketika kita mencetaknya. Dilihat dari kebutuhan kita itu maka kita dapat menggunakan bantuan dari Parallel Dimension Tool yang merupakan salah satu fasilitas dalam corel draw untuk membantu kita mengetahui ukuran sebenarnya yang akan dicetak.

Dengan menggunakan karakteristik dan fungsi dari Corel draw ini kita dapat mengakali suatu bentuk logo maupun gambar atau tulisan dalam karya yang kita buat, sehingga ukurannya menjadi pas dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Tulisan kali ini akan dibahas tentang cara-cara mengimplementasikan mengenai cara-cara penggunaan dari elemen-elemen yang terdapat dalam Parallel Dimension Tool Corel Draw guna membantu para pembaca akan penerapan dan cara pemakaian dari tool-tool tersebut.

Telaah Pustaka

Hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan pola gambar pada Corel draw ini adalah:

1. Perangkat lunak corel draw yang telah terinstall pada perangkat computer

2. Gambar atau logo yang akan kita ukur ukurannya dengan menggunakan Parallel Dimension Tool

Pembahasan

Pada bagian ini saya ingin menunjukkan kepada pembaca, bagaimana cara untuk mengukur panjang, lebar, dan sudut kemiringan dari sebuah gambar dengan menggunakan Parallel Dimension Tool yang terdapat pada Corel Draw. Dalam pembahasan ini juga akan mempermudah kita untuk lebih memahami dan menguasai cara-cara pemakaian dari Parallel Dimension Tool dan berbagai tool-tool turunannya.

Langkah pertama yang kita lakukan dalam hal ini adalah mengimport gambar yang akan kita ukur panjang, lebar, dan sudut kemiringannya dengan menggunakan Parallel Dimension Tool, dengan cara:

1) buat dokumen baru berupa blank.

2) pada lembar kerja klik kanan lalu pilih import atau dengan menekan shortcut ctrl+I.

3) pilih file gambar yang akan dimasukkan (import) ke Corel draw.

4) klik Import.

5) setelah itu drag kursor dan drop gambar yang akan diimport ke corel tadi pada bagian di lembar kerja Corel sesuai yang kita inginkan.

Sebelum memasuki pada langkah pertama dari pengukuran panjang, lebar dan sudut dari gambar, saya akan menjelaskan mengenai turunan-turunan apa saja yang terdapat pada Parallel Dimension Tool.

Parallel Dimension Tool berfungsi untuk menggambarkan sebuah garis bantu yang berfungsi untuk mengukur panjang garis yang diukur oleh parallel dimension tool itu. Parallel dimension tool ini mempunyai sub-sub tool lagi yaitu Horizontal or Vertical Dimension, Angular Dimension, Segment Dimension.

Fungsi dari Horizontal or Vertical Dimension ini adalah untuk menggambar sebuah garis dimensi secara vertical atau horizontal, dan mengukur satuan panjang dari garis yang tadi dibuat, kemudian fungsi dari Angular dimension adalah membuat garis bantu untuk mengukut sudut kemiringan dari garis tersebut. Segment Dimension tool berfungsi untuk menampilkan jarak antara node akhir dari satu atau lebih segmen atau perpotongan node. Dan yang terakhit adalah 3-point Callout disini berbeda dengan Dimension tool lainnya, dimana 3 point callout hanyalah membuat garis penunjuk dari dua buah garis utama. Pada pembahasan saya kali ini akan berfokus kepada Parallel Dimension Tool, Horizontal or Vertical Dimension, dan Angular Dimension saja.

Setelah selesai memasukkan gambar tadi langkah pertama adalah mengukur panjang dari gambar tersebut, caranya adalah klik tool Parallel Dimension Tool pada Toolbar, klik ujung node pada gambar yang akan kita ukur panjangnya kemudian tahan (drag) mouse hingga bagian akhir gambar yang kita ingin hitung panjangnya berhenti drag, arahkan pointer ke bagian bawah/atas gambar, klik kiri mouse untuk menerapkan garis yang kita buat tadi. buat garis . Gambarnya dapat kita lihat seperti dibawah ini:

Pada bagian atas gambar terdapat pengaturan yang dapat memungkinkan kita untuk mengukur satuan dari ukuran yang kita inginkan, posisi angka decimal, ketebalan garis dan bentuk garis tersebut. Misalkan saya menginginkan garis yang lebih tebal dengan bentuk ujungnya adalah panah dan satuan sentimeter, dengan menerapkan beberapa pengaturan sesuai keinginan, maka garis pada gambar akan tampak seperti ini.

Untuk mempersingkat tulisan saya kali ini saya hanya akan menjelaskan mengenai perbedaan akan Parallel Dimension Tool dengan Horizontal or Vertical Dimension, keduanya dapat berfungsi untuk membuat garis bantu yang akan mengukur satuan panjang dari garis yang kita buat, tetapi Paralel dimension tool tidak hanya terbatas pada itu saja, melainkan juga dapat membuat garis yang bentuknya bebas baik itu diagonal, dan garis-garis dengan kemiringan tertentu dapat dilakukan oleh parallel dimension tool.

Selanjutnya kita akan membuat Angular Dimension dari gambar tersebut, pada dasarnya cara untuk mengukur derajat sudut dari gambar ini hampir sama dengan penggunalaan Parallel Dimension Tool. Pertama pilih dan klik tool Angular Dimension yang ada di dalam bagian dari Parallel Dimension Tool, kemudian klik dan drag pada posisi awal titik sudut yang akan kita ukur besarnya kearah sepanjang garis yang sudut yang akan dihasilkan adalah garis yang kita inginkan, kemudian lepas mouse dan arahkan gambar kerucut (sudut) ke posisi yang kita inginkan, dan terbentuklah besar sudut yang kita inginkan. Tak lupa pengaturan garis dan ukuran derajat pun dapat kita atur disini. Terlihat pada gambar dibawah ini:

Maka dengan adanya fungsi ini kita dapat membuat karya yang hendak kita buat akan terlihat lebih teliti dan akurat, baik pada gambar yang dihasilkan dan untuk dicetak, akan membuat gambar atau logo yang kita buat semakin proporsional dengan wadah atau media kita menerapkannya, misalkan dicetak pada media kertas maupun untuk membuat desain baju dan konsep suatu bangun. Sekian tulisan dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: